Jumat, 17 April 2009

modem

Pada jaman era globalisasi, kebanyakan dari seluruh orang di dunia ingin mendapatkan koneksi internet dengan mudah. Terutama bagi para pakar informatika, mahasiswa, guru, dan lain-lain. Bagi para pengguna koneksi internet, tentunya banyak cara untuk mendapatkan hal tersebut. Misalkan dengan menggunakan modem. Disini saya akan membahas salah satu jenis modem yang bisa digunakan untuk koneksi internet. Salah satunya jenis ADSL. Bagaimana cara kerjanya, saya akan bahas sekelumit tentang modem ADSL tersebut.

Modem ADSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon. Untuk menggunakan layanan ADSL, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. bisa juga disingkat NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter atau Network Termination Broad Band Acces).
Sebagian dari beberapa modem ADSL juga mengelola dan membagi sambungan dari layanan ADSL dengan beberapa(PC) komputer. Dalam hal ini, modem ADSL berfungsi sebagai DSL router atau residential gateway. Blok di dalam DSL router ada yang bertugas dalam proses framing, sementara blok lainnya melakukan Asynchronous Transfer Mode Segmentation and Reassembly, IEEE 802.1D bridging dan atau IP routing. Antarmuka yang umum yang di jumpai pada ADSL modem adalah Ethernet dan USB. Meskipun modem ADSL bekerja dalam modus bridge dan tidak membutuhkan IP address publik, modem ADSL tetap disertai IP address untuk fungsi managemen seperti alamat contoh: IP 192.168.1.1. begitulah kurang lebihnya. Apabila ada saran dan kritik yang membangun, tolong di cantumkan pada komentar blog saya.

1 komentar:

Histats

Followers

 

artikel jaringan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com