Selasa, 28 April 2009

dasar-dasar VLAN

apa sih vlan itu? dan apa pengrtian dari vlan itu sendiri?
nah,,disisni saya akan sedikit mendefinisikan tentang vlan. jika dilihat dari vlan itu sendiri.
dalam sebuah organisasi atau perusahaan, kinerja dari sebuah jaringan sangat di butuhkan terutama dalam kecepatan transfer data. salah satu cara menignkatkan kinerja subuah jaringan ialah kemampuan untuk membagi sebuah brodcast domain yang lebih kecil dengan menggunakan vlan.

dengan menggunakan vlan, kita dapat melakukan segmentasi jaringan switch berbasis pada fungsi. sebuah departement atau tim proyek dapat juga mengelola jaringan dengan sejalan pertumbuhan perusahaan sehingga para pekerja atau keryawan dapat mengakses segmen jaringan yang sama walaupun berada dalam lokasi yang berbeda.
vlan adalah kelompok device dalam sebuah LAN(Lokal Area Network) yang dalam mengkonfururasi menggunakan software manajemen tertentu, sehingga dapat saling berkomunikasi asalkan dihubungkan denga jaringan yang sama walaupun secara fisikal berada pada segmen yang LAN yang berbeda.
secara logika vlan membagi jaringan ke dalam beberapa subjaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Histats

Followers

 

artikel jaringan. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com